Minggu, 30 Mei 2010

ayam kampung dan ayam negri

mau tau serunya cerita ayam kampung dan ayam negri???

ada sebuah keluarga sedrhana yang memiliki 2 ekor ayam, yaitu ayam kampung dan ayam negri..kedua ayam tersebut sama sama diberi makan..

sewaktu ketika seoarang ayah bertanya kepada anaknya,,nak jika kamu harus memilih apa yang kamu pilih kamu memilih untuk menjadi ayam kampung atau ayam negri kemudian si anak merasa bingung menjawab pertanyaan sang ayaahh...

tak lama kemudian sang anak menjawab,,,ayah aku memilih menjadi ayam kampung saja karena menurutku ayam kampung bisa bebas kesana kemari..lau sang ayah tersenyum,,sang ayah bilang nak bukan karena ayam kampung bebas kesana kemari saja tapi kamu tahu bahwa ayam kampung memiliki fisik yang kuat dibandingkan dengan ayam negri..

perbedaaan antara ayam kampung dan negri.
ayam kampung disaat makan dia bebas mencari makanan nya sendiri bhkan keselokan atau mengkorek korek tanah mencari cacing, tapi bagaimana kalo ayam negri. ayam negri tak perlu repot mencari makan ayam negri mendapat asupan makan yang khusus dari majikann nya yang bebas dari hama dan asupan gizi yang baikk./.

dari segi tempat tinggal,,ayam kampung tidak dikhususkan selalu dikandangi saja bahkan ada ayam kampung yang hanya di ikat oleh taki rapia,,, tapi sedangkan ayam negri begitu diperhatikan kandang yang bagus serta terdapat lampu didalamyaa...

namun ini semua memang dilihat lebih nyaman jauh jelas dibanding ayam kampung tapii apa kelemahann nya ayam negri lebih sensitif dibanding ayam kampung..ayam kampung kuat bhkan jarang sakit,,tapi kalo ayam negri rentang cepat sakit fisik nya lemah..


ini semua dapat diambil falsafah nya bahwa kita sebagai manusia jangan menjadi ayam negri karena sesungguhnya pada saat itu ayam negri telah kehilangan hak asasinya..ia di rawat diberi makan secara special yang ujung2 nya hanya dimanfaat kan oleh manusia dijadikan mesinn..yaitu mesin pencipta telur serta daging ayam..

generasi muda saat ini sering hanya ingin serba yang instan tanpa mau berkeringat banting tulang merasakan usaha dan susahnya untuk bekerja..yang mereka pikirkan hanya gaji besar kerja diperusahaan besar punya jabatan harta berlimpah rumah mewah..dengan adanya ini sesungguhnya orang yang selalu hanya ingin menikmati kemewahan dan kenyaman semata sesungguhnya orang tersebut sangat jauh dari sifat rela berkorban untuk orang lain dan membantu sesama cenderung bersifat selfish atau egois..

maka dari itu jadilah kita generasi yang bermanfaat generasi yang dapat menghargai setetes keringat generasi yang maju dan berpikiran positif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar