Kamis, 17 Maret 2011

akuntansi internasional

Perkembangan Akuntansi Internasional
 Pengaruh Akuntansi Itali
 Luca Pacioli
 Perkembangan selanjutnya
Pengaruh Akuntansi Itali
 Abad 13 dan 14
 Itali menjadi penghubung antara budaya Timur dan Eropa
 Genoa
 Genoese system - Konsep Business Entity
 Florence
 Compagnie - Partnership
 Venice
 Venetian method - Pengaruh kunci pada double entry accounting
Luca Pacioli
 Mathematician
 Summa de arithmetica geometria proportioni et proportionalita
 Three important books
– the memorandum book
– the journal
– the ledger
Perkembangan Selanjutnya
 1550s
– munculnya nation-states, perlunya mengelola public finances
 Abad 17 dan 18
– perpindahan pusat perdagangan dari Itali ke Spanyol, Portugis, dan Eropa Utara
– depresiasi, alokasi overhead, dan persediaan
– limited liabilities and stock companies
 1900s
– merger, akuisisi, MNE, dan investasi asing
Perbedaan Nasional dalam Sistem Akuntansi
 Lingkungan
 Faktor ekonomi:
– tingkat kepemilikan swasta, industrialisasi, inflasi, dan pertumbuhan ekonomi
 Faktor non-ekonomi:
– Sistem pendidikan, hukum, politik, dan sosial-budaya
 Each country has its unique system of accounting
Implikasi Perbedaan Nasional terhadap Akuntansi
 Internationalized world of business
 Three factors:
– language and currency
– terminology
– type and amount of information disclosed
Evolusi dan Pentingnya Bisnis Internasional
 Periode pra-industri
 Periode industrialisasi
 Periode sesudah perang dunia ke dua
 Era multinasional
Aspek Akuntansi dari Bisnis Internasional
 International trade
– export & import
 Penetapan suatu Internal International Accounting Capability
– export department
– special export company
– foreign operation
• licencee, agent, subsidiary
Lapangan dari Akuntansi Internasional
 Dua bagian penting:
– Descriptive/comparative accounting
– Accounting dimensions of international transactions/multinational enterprises
 Pentingnya mempelajari akuntansi internasional
 Cara untuk memasukkan akuntansi internasional ke dalam kurikulum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar